Apakah arti Audit?

Audit adalah pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan banyak hal. Contohnya : Audit atas Laporan Keuangan, Audit Kinerja maupun Audit Operasional.

Anda sebagai orang awam, mungkin kurang familiar dengan istilah audit. Audit lebih sering dikaitkan dengan bidang ekonomi atau lebih tepatnya bidang akuntansi. Meskipun Audit dan Akuntansi merupakan bidang yang berbeda.

Salah satu jenis audit yang cukup dikenal saat ini adalah audit atas laporan keuangan. Bagi para investor maupun kreditur suatu perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Mereka selalu berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan alat  pengambilan keputusan bagi para investor dan kreditur. Fungsi audit adalah untuk memberikan kewajaran atas laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen perusahaan.

Sehingga dapat disimpulkan, Audit merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memeriksa baik kewajaran maupun kepatuhan dari suatu hal (Sistem Pengendalian, Laporan Keuangan, dll) terhadap standar yang telah ditetapkan.

Komentar

Popular post